Job Less and Do More

Seorang sepupu saya yang agak kepo kemarin sempat bertanya: “Jadi, sekarang elo gak ngapa-ngapain Tan? Jadi ibu rumah tangga aja?”

Iya betul, saat ini saya sedang menikmati bagaimana rasanya jadi ibu rumah tangga setelah saya kembali bekerja non-stop sejak Dhara berumur 5 bulan, November 2011 silam. Tapi saya gak setuju sama sekali dengan asumsi ‘gak ngapa-ngapain’ yang dilontarkan sama sepupu saya itu. Justru dengan waktu yang sungguh leluasa seperti sekarang, saya bisa dengan bebas survey bahan-bahan untuk mendekorasi apartemen saya. Baru kali ini saya tahu apa itu parquetted, bagaimana melapis keramik di atas keramik dengan semen mortar, bagaimana memilih bahan vinyl yang baik dan anti bakteri, dan hunting cari wallpaper murah tapi berkualitas yang bikin saya puas karena bisa ‘mengalahkan’ proposal pemasangan wallpaper dari design interior yang saya sewa dan menghemat berjuta-juta rupiah.

Waktu yang luar biasanya banyaknya ini juga saya manfaatkan untuk belajar menyetir. Saya udah pernah les nyetir dua kali; tahun 2002 dan tahun 2010, tapi ujung2nya gak kepake karena memang saya lebih suka disupirin daripada nyupir sendiri. Karena beberapa minggu terakhir suami sering sekali tugas ke luar kota, saya gatel banget liat mobil kami terparkir dengan manisnya di garasi tanpa bisa dimanfaatkan dengan baik. Lebih bodohnya karena kemana-mana saya ngandelin kendaraan umum atau taksi. Hah, come on lah, masa iya sih, hari gini, ibu anak satu kayak saya sampe gak bisa nyetir sama sekali??? Berangkat dari statement tersebut, akhirnya saya memberanikan diri mengajak anak saya dan ditemani babysitter untuk belanja ke Giant. Sukses. Sukses keluarin mobil dari garasi, sukses parker, sukses masukin lagi mobil ke garasi. Second trial, waktu minggu kemarin saya harus datang ke acara adat keluarga di daerah kebayoran baru. Karena saya tahu acaranya bajal terlalu membosankan untuk Dhara, saya bilang sama suami bahwa sebaiknya dia dan Dhara saya drop aja di suatu tempat dan saya akan bawa mobilnya ke rumah saudara saya. Akhirnya kami putuskan untuk drop Dhara dan ayahnya di FX supaya Dhara bisa main air di Giggle. Udah lama sekali Dhara kepingin main ini, tapi tiap ke sana kondisi badannya selalu lagi gak fit 100%.  Entah lagi pilek, atau memang nyampe sana udah kemaleman sehingga rasanya gak baik main air malem-malem walaupun indoor. Jadilah saya bawa mobil dengan rute FX-Pakubuwono-FX-Pakubuwono-FX. Yes, sampe dua putaran karena sepatu si Dhara dan member card Giggle-nya sempat ketinggalan di mobil saat saya sudah berhasil landing di Pakubuwono (dengan deg-degan karena gak punya SIM tapi nekat melintasi daerah sudirman-senayan) yang pertama kalinya.

Percobaan ketiga adalah percobaan super nekat kemarin siang. Saya memang kemarin perlu ke PIM karena salah satu sahabat saya minta saya menjadi beauty consultant-nya, alias membelikan dan memilihkannya seperangkat make up untuk girls night out di Bali, mengingat dia masih sangat amatir dalam dunia per-make-up-an. I was really excited to assist her. Dan karena kantor suami saya berlokasi di Pondok Pinang, jadilah saya bilang bahwa saya akan ikut dia pagi-pagi dan akan mampir sarapan sebentar di daerah Pondok Indah sambil menunggu PIM buka. Lalu jam 12 siang kita janjian ketemu di PIM untuk pulang bareng. Dan ya, setelah sampai di kantor suami, saya melanjutkan rute ke McD Plaza Pondok Indah. Great, saat itu kondisi lalu lintas padat merayap dari arah lebak bulus ke pondok indah (yaiyalah, jam setengah 8 pagi, gitu) and it was the biggest challenge I’ve ever had. Setelah makan dan browsing di McD sampai jam setengah sepuluh, saya menyetir mobil ke PIM. Masuk kewat PIM 2, saya masuk ke tempat parkir mencoba skill parkir saya di daerah ladies parking. And I did it. Iya saya tau kondisi parkiran mall saat jam 10 pagi pasti masih kosong melompong, but at least I tried. Memulai sesuatu dari yang paling gampang itu gak dosa, kan?

Nah, kalau dipikir-pikir, saya kurang produktif apa? Masih bisa bilang saya gak ngapa-ngapain? Aduh, memang kayaknya makin ke sini, orang makin sering berpikiran picik dan sinis terhadap orang lain, ya. Senang melihat ‘penderitaan’ orang dan rasanya gimana gitu kalau bisa ‘menjatuhkan’ orang dan kemudian merasa ‘menang’. Atau mungkin saya aja yang lagi super sensi karena kemarin memang lagi dapet hari pertama? Hahaha…atau karena baru-baru ini sempet kecewa karena seorang teman yang bener-bener saya anggap teman, bermain kucing-kucingan di belakang saya dalam urusan pekerjaan, saat saya sudah memercayainya 100% dan selalu terbuka tentang apa yang saya lakukan. Entahlah. Saya saat ini cuma sampai pada kesimpulan; “never jeopardize your life to an untrusted friend”. Sedih karena kehilangan teman, but think again, does she worth my genuineness?

Dan untuk urusa pekerjaan ini, saya lagi kehilangan gairah dan nafsu. Sama sekali gak eager buat cari pekerjaan baru. Kadang ini memang terjadi kalau pekerjaan sebelumya (yang terakhir) menyisakan trauma yang luar biasa. Gawat ini. Kalau saya kelamaan di rumah, Dhara justru jadi semakin manja (iyalah, biasanya ditinggal pagi-sore, sekarang kapanpun bisa ketemu). Apalagi, saya jadi mesti hemat-hemat belanja kebutuhan tersier alias barang-barang yang kurang penting (menurut saya) atau barang yang gak berguna (menurut suami saya). Saya jadi harus mengerem browsing-browsing ke online store. Walaupun saat ini saya masih browsing online store untuk cari barang-barang lucu untuk melengkapi dekor di apartemen, tapi jelas saya harus menahan nafsu saat online store langganan saya lagi kasih promo 10% off buat seluruh make up plus 5% untuk customer tertentu (termasuk saya).

Bad timing bener ngasih promo. Nyebelin.

2 thoughts on “Job Less and Do More

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s